Materi Microsoft Word IV

 Melihat Tampilan Dokumen (View)

1.   Ada beberapa cara untuk melihat tampilan dokumen pada Word:

1.   Print Layout View, tampilan default dokumen seperti jika dokumen tersebut dicetak. Semua bagian halaman akan tampak pada posisi sebenarnya, misalnya header, footer, kolom dan kotak teks.

2.   Normal View (Word 2003), dokumen akan ditampilkan dalam format sederhana dan tidak ada batas halaman serta header / footer.

3.   Web Layout View, dokumen akan ditampilkan dalam web browser dan tanpa pembatas halaman.

4.   Outline View, dokumen akan ditampilkan dalam bentuk outline, dengan judul-judul yang mewakili level-level dalam struktur dokumen. Outline View memungkinkan kita membuka dan menutup header dan sub-judul, serta menampilkan dan menyembunyikan kontennya. Gunakan view ini untuk mengedit, memindahkan dan copy paste isi dokumen.

5.   Draft (Word 2007-2010), tampilan dokumen yang berisi teks saja. Gunakan tampilan ini untuk mengedit teks dengan cepat. Format dan beberapa elemen dokumen, seperti gambar, header dan footer; tidak akan terlihat dalam tampilan ini. Pemisah antar halaman ditampilkan dalam bentuk garis horizontal putus-putus.

6.   Full Screen Reading (Word 2007-2010)tampilan dioptimalkan untuk membaca dokumen di layar komputer. Ada satu toolbar di bagian atas layar dengan tombol yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mencetak dokumen, menyorot teks, dan memberi komentar. Kita juga dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dan mengatur dokumen ditampilkan satu atau dua halaman.

7.   Read Mode (Word 2013-2016), sama dengan Full Screen Reading pada versi Word sebelumnya, yaitu menampilkan dokumen dalam format yang mirip dengan buku. Di bagian samping kiri kanan ada tanda panah untuk berpindah halaman.

2.   Untuk memilih salah satu tampilan di atas, Anda dapat menggunakan perintah pada menu View atau dengan mengklik tombol pada toolbar di bagian kanan bawah layar.

 

Berpindah dalam Dokumen

1.   Menggunakan Perintah Go to

1.   Dari menu Edit pilih Go To atau tekan Ctrl + G atau F5.

2.   Tentukan pilihan Anda pada kotak Go to what.

3.   Masukkan angka pada kotak Enter number atau tekan tombol Previous/Next.

4.   Tekan tombol Close untuk menutup kotak dialog.

2.   Menggunakan Keyboard Shortcut Keys

1.   Home (Berpindah ke awal baris)

2.   End (Berpindah ke akhir baris)

3.   Ctrl + Home (Berpindah ke awal dokumen)

4.   Ctrl + End (Berpindah ke akhir dokumen)

5.   Ctrl + Page Up (Berpindah ke awal halaman sebelumnya)

6.   Ctrl + Page Down (Berpindah ke awal halaman berikutya)

7.   Page Up (Berpindah satu layar ke atas)

8.   Page Down (Berpindah satu layar ke bawah)

 

 

Memilih Teks dalam Dokumen

1.   Memilih satu kalimat: Tahan tombol CTRL dan klik di mana saja dalam kalimat yang ingin dipilih.

2.   Memilih satu baris kata: Pindahkan pointer ke sebelah kiri baris sampai berubah menjadi panah arah kanan dan kemudian klik.

3.   Memilih satu paragraf: Pindahkan pointer ke sebelah kiri baris sampai berubah menjadi panah arah kanan dan kemudian klik ganda. Atau klik tiga kali berturutan secara cepat di mana saja dalam paragraf.

4.   Memilih lebih dari satu paragraf: Pindahkan pointer ke sebelah kiri baris sampai berubah menjadi panah arah kanan, kemudian klik dan tarik ke atas atau ke bawah.

5.   Memilih sejumlah besar teks: klik di bagian awal pilihan, gulung sampai bagian akhir pilihan, tahan tombol SHIFT dan klik.

6.   Memilih seluruh isi dokumen: tekan CTRL + A.

7.   Memilih satu kata: Klik ganda mouse pada kata yang ingin dipilih.


Comments

Popular posts from this blog

Button Action, pada microsoft power point

Cara membuat nomor urut di Excel menggunakan AutoFill

Cara Membuat Bingkai pada Microsoft Word