Materi Microsoft Word V
Bagian-Bagian Dan Tampilan dan Microsoft Word
Agar bisa mendapatkan manfaat dari Microsoft Word, kita perlu memahami dahulu setiap bagian dan tampilan dalam aplikasi ini. Berikut bagian dan tampilan dalam Microsoft Word :
1. Quick Access Toolbar
Bagian ini memiliki empat komponen utama, yakni save untuk menyimpan perubahan file dokumen, redo untuk mengembalikan pembatalan file, undo untuk membatalkan perubahan file. Customize acces toolbar untuk mengatur tombol pada quick access toolbar.
2. Title bar
Bagian ini berguna untuk menampilkan nama dan jenis dokumen yang sedang aktif.
3. Window management
Bagian ini berisi empat tombol utama, yakni close berfungsi menutup jendela Microsoft Word, maximize untuk memperbesar jendela, minimize untuk memperkecil jendela, ribbon display options untuk menyembunyikan atau menampilkan toolbar ribbon.
4. Ribbon
Bagian ini berfungsi untuk mengelompokan fitur dari Ms Word agar mudah diakses. Bagian ini terdiri dari menu bar dan tombol pembuka dialog box.
5. Ruler
Fitur ini berfungsi untuk mengatur tata letak halaman.
6. Worksheet
Worksheet atau lembar kerja merupakan bagian untuk mengetik , mengedit, atau menambahkan gambar pada dokumen.
7. Status bar
Bagian ini berfungsi untuk menampilkan informasi terkini mengenai perintah yang sedang aktif seperti jumlah kata pada dokumen,total halaman yang ditampilkan, dan bahasa yang digunakan pada Ms word.
8. Page view
Bagian ini terdiri dari 5 pilihan dengan fungsi berbeda-beda seperti berikut:
- Read mode untuk menampilkan halaman dokumen menjadi satu.
- Print layout untuk menampilkan tata letak halaman dan menampilkan halaman sebenarnya dari dokumen.
- Web layout untuk menampilkan halaman dokumen seperti website.
- Zoom in dan zoom out untuk memperlebar atau memperkecil tampilan dokumen.
Membuka Microsoft Word Dan Membuat File Dokumen Baru
Untuk membuka Microsoft Word , ada tiga Metode yang bisa kita lakukan. Berikut Metode tersebut:
- Klik tombol start yang ada di pojok kiri bawah dekstop.
- Cari dan klik aplikasi Microsoft Word.
- Tunggu hingga program aplikasi ditampilkan. Jika sudah selesai, Microsoft Word siap digunakan.
- Buka dekstop dan cari ikon Microsoft Word.
- Klik kiri dua kali ikon tersebut untuk membuka aplikasi dan tunggu hingga aplikasi tampil.
- Aplikasi juga bisa dibuka dengan klik kanan ikon dan pilih open.
- Tekan tombol keyboard yang berlogo Windows untuk masuk ke menu start
- Tekan tombol huruf “W” untuk menemukan aplikasi Microsoft Word .
- Jika sudah menemukannya, tekan tombol enter untuk membukanya.
Membuat Dokumen Baru
Setelah membuka Microsoft Word, kita bisa membuat dokumen atau file baru . Berikut cara membuat dokumen baru:
- Arahkan kursor ke menu file lalu pilih tab new.
- Di area home klik bagian blank document.
- Lalu kita akan diarahkan ke halaman baru yang kosong untuk mengolah dokumen baru.
Menyimpan File Dokumen
Setelah mengolah dokumen, kita bisa melakukan penyimpanan dengan cara berikut:
- Klik menu file.
- Klik tombol save as dan jendela save as pun akan ditampilkan.
- Pilih lokasi di mana file ingin disimpan.
- Dibagian file name, ketikan nama dokumen. Sementara itu, di bagian save as type isikan format dokumen yang diinginkan.
- Kemudian klik save untuk menyimpan data atau dokumen.
Jika dokumen yang ingin Anda simpan sudah ada sebelumnya, Anda tinggal menekan ikon pada quick access toolbar.
Menyimpan File Dokumen Dengan Password
Jika file yang kita simpan bersifat rahasia, kita juga bisa menyimpannya dengan password. Berikut caranya:
- Buka dokumen yang ingin disimpan.
- Klik file dan pilih Save As
- Lalu klik tools yang ada di sebelah tombol save dan pilih general option.
- Setelah muncul kotak general option, isikan password dan klik ok.
- Kemudian muncul jendela untuk konfirmasi password. Lalu masukan password yang sudah dituliskan dan klik ok.
- Lalu muncul jendela save as dan klik save.
- Selamat mencoba.
Comments
Post a Comment